Pondasi Ekonomi Syariah




Sebagai orang yang ingin menjalani kegiatan ekonomi berdasarkan syariat Islam, kita harus memahami dan memiliki akar karakter sebagai pondasi kita dalam berperilaku khususnya dalam hal ini konteks ekonomi. Pondasi tersebut yang akan membentuk sikap komitmen kita untuk teguh dan memegang prinsip dalam menjalani ajaran Islam sehingga tidak mudah goyah oleh godaan duniawi yang dilarang dalam Islam.

AQIDAH
Aqidah merupakan kunci keislaman dan keimanan setiap muslim. ketika seseorang mampu menjaga aqidahnya dengan baik, maka dalam dirinya akan terbentuk integritas dan good governance serta market discipline yang baik.
AKHLAQ

Seseorang yang memiliki akhlak yang baik akan senantiasa mengutamakan aspek moralitas dalam segala aktivitas ekonomi untuk mencapai tujuannya. Orang yang memiliki akhlaq yang baik tidak akan menghalalkan segala cara dalam mencapai keinginannya karena mereka menjunjung tinggi nilai moral.

SYARIAH

Sudah tentu, kita harus memahami kaidah-kaidah syariah secara benar. Karena kalau tidak, segala aktivitas ekonomi kita akan keluar dari jalur yang benar dan semakin menyimpang dari nilai-nilai ekonomi Syariah yang ingin kita jalankan.
UKHUWWAH

Dan yang terakhir, ukhuwwah. Kita harus meletakkan tata hubungan bisnis dalam konteks persaudaraan universal untuk mencapai kesuksesan bersama. Mencari keuntungan pribadi dengan merugikan pihak yang lain merupakan suatu cara yang dilarang dalam Islam.
(photo source: beritagar.id)