Pandangan Ekonomi Islam



Ilmu ekonomi adalah suatu cara dalam melakukan produksi dan upaya meningkatkan produktivitas. Ilmu ekonomi ini bersifat universal dan tidak terikat oleh paham atau ideologi manapun

Adapun sistem ekonomi, adalah cara mengatur kepemilikan, pengelolaan, dan distribusi kekayaan. Dalam hal ini yang dibahas dalam konteks ideologi Islam yang secara sistem diatur oleh syariat yang keseluruhan kegiatannya mengikat individu, masyarakat dan negara.

Sistem ekonomi kapitalis memiliki paradigma materialism, yakni segala aktivitas yang berkaitan dengan ekonomi apabila bermanfaat atau bernilai materi boleh dilakukan. Dapat juga disebut liberalism ekonomi

Sistem ekonomi sosialis, mempunyai paradigma dialektika. Seluruh aktivitas ekonomi mengikuti dialektika masyarakat yang ditetapkan negara. Dapat juga dikatakan otoriterianisme negara.

Sistem ekonomi Islam memiliki paradigma Syariah, yaitu seluruh aktivitas ekonomi boleh dilakukan selama tidak bertentangan dengan Syariah Islam. Sistem ekonomi Islam mengakui adanya kepemilikan individu namun tetap tidak mengesampingkan hak-hak orang banyak.